Amankah Buah Naga Untuk Bayi? Ini Jawabannya! Nomor 2 Paling Penting!

Amankah Buah Naga Untuk Bayi Ini Jawabannya! Nomor 2 Paling Penting!

Setelah si buah hati sudah mencapai usia 6 bulan, maka mereka sudah siap diberikan makanan padat. Jika kamu masih bingung makanan sehat apa yang harus diberikan untuk bayi, mungkin buah naga akan menjadi pilihan paling tepat untuk dicoba.

Tapi perlu dicatat sebelumnya bahwa tidak semua jenis buah-buahan dapat diberikan begitu saja pada bayi kita sekalipun menyehatkan.

Ini karena ada beberapa diantaranya yang dapat memberikan efek sebaliknya pada tubuh si buah hati, terutama pada sistem pencernaan mereka.

Untungnya, buah naga masuk ke dalam kudapan yang diperbolehkan bagi anak-anak yang telah berusia minimal 6 bulan atau 1 tahun.

Adapun cara menyajikannya bisa dengan memotongnya menjadi dua, mengambil daging bagian dalamnya, membuang bijinya, lalu disuapi sedikit demi sedikit.

Cara di atas telah terbukti mampu memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh si buah hati.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat buah naga untuk bayi jika disajikan dengan cara dan dosis yang tepat!

Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anak

Amankah Buah Naga Untuk Bayi Ini Jawabannya! Nomor 2 Paling Penting!

Di dalam buah naga, terdapat sebuah antioksidan yang dapat membantu melindungi membran sel dari segala jenis kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Radikal bebas yang menyerang bayi kita bisa terjadi dalam berbagai macam cara, misalnya akibat paparan asap rokok, radiasi ultraviolet, zat kimia lingkungan, klorida, virus, radiasi medis, polusi udara, dan masih banyak lagi.

Jika dibiarkan berlarut-larut, maka radikal bebas dapat menjadi penyakit yang berbahaya.

Untungnya, obat lezat dan murah seperti buah naga ini dapat melindungi tubuh si kecil dari kerusakan tersebut setiap harinya.

Selain itu, antioksidan dalam buah naga juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh si kecil sehingga resiko kerentanan terhadap penyakit dapat kita kurangi secara maksimal.

Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

Nutrisi yang terdapat dalam buah naga juga disinyalir sangatlah penting bagi kesehatan jantung kita, terutama anak-anak yang berusia antara 6 bulan hingga 5 tahun.

Baca Juga :   Waspada Varian Baru Covid-19 yang Kelima, Omicron

Jantung merupakan salah satu organ terpenting bagi manusia karena bertugas dalam memompa darah dan menyebarkannya ke seluruh tubuh.

Untuk alasan ini jugalah, jantung menjadi organ terpenting yang wajib kita jaga semenjak usia dini.

Terlebih bagi bayi yang sudah memiliki penyakit kardiovaskular, yang mana seringkali disebut sebagai penyakit jantung bawaan.

Meskipun jarang, penyakit ini seringkali menjangkiti bayi akibat pembentukan saluran kardiovaskular yang tak tepat selama masa kehamilan berlangsung.

Diperkirakan dari 1000 bayi yang lahir, 8 diantaranya menderita kelainan jantung. Alhasil, kita harus tetap menjaga organ tubuh terpenting ini melalui makanan sehat seperti buah naga.

Membantu Menguatkan Tulang

Hal terunik dan menarik yang bisa kita dapatkan dari buah naga adalah kandungan kalsium dan fosfor yang begitu melimpah.

Kedua mineral ini bekerja dengan sangat aktif untuk proses perkembangan tulang si kecil.

Apalagi jika fosfor tersebut dikombinasikan dengan senyawa fenolik dan flavonoid yang juga terdapat dalam buah naga, maka kepadatan tulang pun akan semakin meningkat.

Selain itu, berkat kandungannya tersebut jugalah, buah naga sangatlah bermanfaat untuk bayi dalam menangkal penyakit rakhitis dan radang sendi.

Belum lagi vitamin C di dalamnya yang mampu membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang, otot, serta kulit di saat yang bersamaan.

Membantu Menjaga Saluran Pencernaan

Ada satu nutrisi yang paling berperan penting dalam menjaga agar saluran pencernaan tetap sehat sepanjang usia, yakni serat.

Nah, sebagai keluarga buah-buahan, buah naga pun sudah barang tentu mengandung serat yang diperlukan untuk pergerakan usus normal demi menjaga saluran pencernaan tetap sehat.

Serat juga berperan dalam menstabilkan kandungan gula dalam darah dan membantu anak-anak merasa kenyang lebih lama.

Belum lagi kandungan serat yang tinggi dalam buah naga juga bisa menjadi penangkal paling ampuh dalam melawan sembelit.

Baca Juga :   10 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil dan Janin Dalam Rahim

Jika saluran pencernaan si kecil dapat dijaga dengan baik, maka bisa berefek pada seluruh organ tubuh, dimulai dari kondisi mental hingga fungsi imunitas.

Membantu Meningkatkan Kesehatan Mata

Selain vitamin C, buah naga juga mengandung sejumlah vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh si kecil untuk menjaga kesehatan mata dan kulit yang baik.

Keluarga antioksidan ini sangatlah memainkan peran penting dalam membangun kekebalan dan mempertajam penglihatan, serta mencegah munculnya penyakit terkait mata saat mereka beranjak dewasa dan tua nanti.

Faktanya, banyak para orang tua yang diwajibkan untuk mulai memberikan suplementasi vitamin A pada bayi dan anak yang telah berusia antara 6-59 bulan.

Namun dikarenakan suplementasi tersebut memerlukan resep dan perhatian dari para ahli medis, maka berbeda dengan buah naga yang bisa kita berikan secara mandiri dengan dosis yang tepat.

Jadi tak semata-mata mengandalkan ahli gizi saja demi mencukupi kebutuhan nutrisi sang anak! Kita pun memiliki peranan penting dalam melakukannya melalui pemilihan pola makan yang baik.

Membantu Mencegah Anemia

Selain fosfor dan kalsium, ada satu lagi mineral penting yang juga terkandung dalam buah naga dan penting untuk bayi, yakni zat besi.

Mineral ini tentunya menjadikan buah naga sebagai kudapan yang bermanfaat dalam meningkatkan jumlah sel darah merah di tubuh si kecil.

Jika jumlah sel darah merah tersebut tetap seimbang, maka mereka pun akan terhindar dari sebuah penyakit kurang darah yang disebut sebagai anemia.

Anemia sendiri sudah menjadi biang keladi dari banyaknya bayi mengalami penghambatan perkembangan seiring dengan berjalannya usia mereka.

Selain itu, zat besi juga dibutuhkan bagi anak untuk mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

Memastikan Fungsi Sistem Saraf yang Baik

Kembali lagi ke mineral berupa fosfor, natrium, dan kalsium yang terdapat dalam buah naga, di mana ketiga nutrisi ini dapat memastikan berfungsinya sistem saraf secara normal.

Baca Juga :   Kabar Buruk!, WHO Minta Dunia Waspada Soal Varian Omicron

Itu berarti, memberikan buah naga kepada anak semenjak usia dini dapat membantu mereka dalam mengembangkan keterampilan motorik dan sensorik yang baik.

Selain itu, mengonsumsi buah naga selama masa kehamilan juga diperlukan bagi si ibu, terutama di trimester pertama.

Pasalnya, pada trimester pertama (tepatnya di 6 minggu masa kehamilan), otak dan sistem saraf pada embrio janin mulai berkembang.  

Membantu Kesehatan Kulit

Sementara untuk bagian luar tubuh seperti kulit, maka bayi kita membutuhkan kadar vitamin C yang cukup.

Tak perlu disebutkan lagi jika buah naga memang mengandung vitamin C yang begitu melimpah, sehingga bermanfaat dalam membangun dan memperbaiki kulit.

Selain mendorong perkembangan yang sehat, asupan buah naga secara teratur juga dapat membantu agar kulit si kecil tetap lembut dan bertekstur elastis.

Saat mulai beranjak remaja nanti, antioksidan, vitamin, dan mineral dari buah naga dapat bermanfaat secara langsung dalam menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan, termasuk mencegahnya terkena penuaan dini, jerawat, atau kulit terbakar akibat sengatan matahari.

Tapi ingat, sekalipun buah naga memang dapat dioleskan ke kulit untuk perawatan dan kecantikan, akan tetapi tidak diperkenankan untuk dilakukan kepada para bayi.

Kulit bayi masihlah sangat sensitif dan bisa mengalami iritasi jika terkena zat-zat asing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *