10 Manfaat Buah Naga Merah Dalam Melawan Penyakit

10 Manfaat Buah Naga Merah Dalam Melawan Penyakit

Buah naga merah terkadang digunakan sebagai pengobatan berkat manfaat kesehatan yang dimilikinya.

Tentu saja, aktivitas pengobatan ini dilakukan bukan hanya oleh tabib atau alternatif saja, melainkan sampai di tangan para dokter dan ahli kesehatan internasional.

Pengobatan ini diadaptasikan sebagai salah satu bagian dari kebiasaan dan pola makan sang pasien, dimana dosis dan waktunya diatur sedemikian rupa.

Sementara bagi sebagian besar orang sehat, buah naga merah bisa digunakan sebagai salah satu camilan terbaik untuk mencegah penyakit tertentu.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak manfaat buah naga merah dalam mengobati dan mencegah penyakit berbahaya berikut ini.

Mengurangi Resiko Diabetes

Manfaat Buah Naga Merah Dalam Melawan Penyakit

Manfaat pertama yang tak boleh kamu abaikan adalah perannya dalam mencegah sekaligus mengurangi resiko diabetes.

Sementara bagi kamu yang sudah terkena penyakit mematikan yang satu ini, maka mengonsumsi buah naga merah secara teratur dengan dosis tertentu pun masih menyuguhkan sejuta manfaat di dalamnya.

Dalam pengobatan tradisional dan alternatif, buah naga sendiri telah sering digunakan untuk mengatasi hipertensi, sementara bijinya telah terbukti secara medis mampu mengatur kadar glukosa darah.

Untuk alasan ini jugalah, buah naga merah menjadi camilan terbaik untuk mengobati penyakit jantung, darah tinggi, dan mengelola diabetes tipe-2.

Mengurangi Resiko Kanker

Selain kemampuannya dalam mengelola dan mencegah penyakit gula darah, penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa buah naga merah memiliki manfaat dalam mencegah penyakit kanker, terutama kanker payudara dan kanker usus besar.

Alasannya cukup sederhana, yaitu karena buah naga merah memiliki kandungan vitamin C dan likopen.

Kedua nutrisi tersebut termasuk ke dalam varian antioksidan, yang mana telah diketahui memiliki sifatan dalam melawan sel kanker di tubuh seseorang.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa kanker telah menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di seluruh dunia.

Baca Juga :   Waspada Gejala Berbeda Varian Baru Covid-19 Omicron

Data dari WHO menyebutkan bahwa di tahun 2020 saja, terdapat 10 juta kasus kematian yang disebabkan oleh kanker – masih jauh lebih tinggi dibandingkan Covid-19 yang tercatat sekitar 6,5 juta kasus kematian di tahun yang sama.

Namun menariknya, penyakit berbahaya tersebut bisa dicegah hanya dengan mengonsumsi buah naga merah yang murah meriah dan lezat secara teratur.

Membantu Meningkatkan Imunitas

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa buah naga merah mengandung vitamin C atau antioksidan.

Nah, antioksidan inilah yang kemudian bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh kita dalam melawan dan mencegah penyakit.

Sederhananya, jika sistem imunitas atau kekebalan tubuh kita tetap kuat sepanjang hari, maka bakteri dan virus penyebab penyakit akan langsung dihabisi sesaat setelah memasuki tubuh sebelum berbuah infeksi.

Faktanya, virus Covid-19 yang ramai dibicarakan selama 2 tahun belakangan ini pun bisa dicegah selama kita mampu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap tinggi.

Bagus Bagi Pencernaan

Sistem imunitas yang kuat berbanding lurus dengan sistem pencernaan yang sehat.

Jadi secara khusus, buah naga merah juga mampu mendorong pertumbuhan probiotik seperti lactobacilli dan bifidobacteria di usus kita.

Kedua jenis “bakteri menyehatkan” ini bermanfaat dalam membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit yang berasal dari luar tubuh.

Mereka jugalah yang bertugas dalam mencerna makanan, dimana sari-sarinya diambil sebagai kebutuhan tubuh, dan ampasnya dibuang melalui feses.

Jika proses cerna-mencerna ini terus berjalan secara normal dari waktu ke waktu, maka sistem pencernaan kamu pun akan tetap sehat sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Alhasil, kamu tak akan mengalami 3 masalah paling umum terkait perut, yaitu kembung, konstipasi, dan diare.

Bagus Bagi Jantung

Berbeda dengan fast food yang warna terangnya menggunakan pewarna makanan, warna merah dari buah naga berasal dari senyawa alami yang menyehatkan.

Baca Juga :   Lebih Mencekam dari Delta, Ini Penampakan Mutasi Virus Varian Omicron

Senyawa tersebut disebut sebagai betalains, yang mana telah terbukti mampu mengurangi kolesterol jahat seperti LDL.

Tak berhenti sampai di sana, daging buah yang berwarna merahnya tersebut pun dikemas dengan biji-biji hitam gelap kecil yang kaya akan senyawa bernama asam lemak omega-3 dan omega-9.

Semua nutrisi ini berperan penting bagi jantung sehat dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskular yang seringkali membuat penderitanya mengalami stroke, serangan jantung, dan mati mendadak.

Melawan Penuaan Dini Kulit

Buah yang juga dikenal dengan sebutan “pitaya” ini juga berperan penting bagi dunia kecantikan dan kulit.

Lagi-lagi manfaatnya tersebut hadir berkat kandungan antioksidan yang dimilikinya, di mana telah terbukti mampu melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan kerusakan sel dalam tubuh.

Antioksidan ini juga selalu siap sedia dalam menetralisir radikal bebas sehingga bermanfaat dalam memperlambat proses penuaan kulit.

Jadi buat kamu yang merasa resah akibat kulit mengkerut sekalipun masih berusia muda, maka disarankan untuk meningkatkan asupan vitamin C dan antioksidan dalam makanan, salah satunya melalui buah naga merah.

Bagus Bagi rambut

Zat besi tak hanya hadir dalam makanan hewani saja, juga ada dalam buah naga merah yang lezat.

Sekalipun zat besi ini hadir dalam sumber makanan berbeda, akan tetapi perannya dalam tubuh tetap sama, yaitu bertugas dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke akar rambut kita.

Semakin efektif oksigen yang sampai ke akar rambut tersebut, maka akan semakin cepat pula rambut kita untuk tumbuh dan subur secara normal.

Untuk memenuhi tujuan ini, kamu bisa menggunakan buah naga merah dengan 2 cara, yaitu dengan memakannya setiap pagi, atau dijadikan sebagai sampo.

Silahkan oleskan jus buah naga pada kulit kepala dan rambut, lalu diamkan selama 15-20 menit untuk kemudian dibilas dengan air bersih.

Baca Juga :   Waduh, Vaksin Mungkin Tak Efektif Lawan Varian Omicron Kata CEO Moderna

Sampo yang terbuat dari buah naga merah dipercaya mampu meningkatkan sirkulasi darah dan menerima oksigen yang dibawa oleh zat besi ke folikel rambut secara lebih efektif.

Menyehatkan Tulang

Bukan hanya zat besi saja, ternyata buah naga merah juga kaya akan kandungan mineral lainnya, termasuk kalsium, magnesium, dan fosfor.

Ketiga mineral ini merupakan bagian penting dalam membangun tulang dan gigi yang sehat.

Misalnya, tubuh kita membutuhkan kalsium untuk membangun dan memelihara tulang yang kuat.

Sementara magnesium berkontribusi pada peningkatkan kepadatan tulang dan mencegah timbulnya osteoporosis.

Kemudian hadir pula mineral fosfor yang bekerja bersama kalsium dan magnesium di atas untuk pembentukan tulang yang sehat.

Bagus Bagi Mata

Terselip pula sebuah gizi bernama beta-karoten dalam warna merah dari daging buah eksotis yang satu ini.

Nah, beta-karoten tersebut akan memberikan manfaat super besar pada mata kita sesaat setelah dicerna dalam usus oleh bakteri menyehatkan kita.

Manfaatnya tersebut sampai pada indera penglihatan alias mata, yang mana telah terbukti mampu mencegah penyakit terkait kebutaan seperti katarak dan degenerasi makula.

Porsi 220 gram setiap hari sudah cukup untuk mencegah kedua penyakit mengerikan tersebut menjangkiti.

Bermanfaat Bagi Ibu Hamil

Ada desas-desus yang menyebutkan bahwa bumil dilarang untuk makan buah naga.

Padahal penelitian medis berkata sebaliknya!

Buah naga masih aman dikonsumsi selama masa kehamilan, asalkan tahu porsinya!

Justru dengan mengonsumsi buah naga merah secara teratur, maka bisa memberikan manfaat baik bagi sang ibu maupun janin dalam rahim berkat kandungan lemak tak jenuh tunggal miliknya.

Jenis lemak menyehatkan ini dapat membantu perkembangan otak janin secara tepat. Sementara bagi sang ibu, kandungan gula menyehatkan miliknya akan dikonversi menjadi energi seharian penuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.